Category

Objek Wisata Watu Amben di Bantul

Pernah berlibur ke watu amben di bantul, atau ada yang belum pernah, nah bagi yang belum pernah, akan saya paparkan sedikit tentang watu amben di bantul. Watu amben merupakan kekayaan alam yang dipersembahkan rupa hingga enak untuk di nikmati. Adapun lokasi ini sebenarnya mirip dengan bukit Hargodumilah atau sering di sebut bukit bintang. Jadi watu amben berada di salah satu puncak jajaran bukit seribu, Gunungkidul, kabupaten Bantul yaiti desa Pandeyan, Kecamatan Piyungan.

Arti dari watu amben itu sendiri yaitu watu amben yang merupakan istilah dalam bahasa jawa, watu berarti batu, sedangkan amben berarti balai – balai atau tempat tidur. Sesuai dengan bentuk batu yang ada memang berukuran besar dan rata – rata sesuai dengan ukuran yang rata. Batu ini persis berada di tepi jurang yang tertanam dengan kedalaman ratusan meter, konon kata nya tempat ini merupakan tempat petinggi kerajaan mataram saat melintas dan beristirahat sambil memandang kedataran dibawahnya.

Sebelum banyak diken orang lokasi ink sering digunakan para penduduk sekitar sebagai tempat beristirahat saat mencari rumput untuk hewan ternak nya. Selain enak sebagai tempat duduk, batu yang terletak di puncak tersebut dapat leluasa memandang kebawah dengan pemandangan yang hijau membuat rasa penat menjadi hilang. Pemandangan berupa landscape kota yogyakarta dan sekitar nya.

Saat cuaca cerah anda akan memandang beberapa puncak gunung seperti Merapi, Merbabu, dan Sumbing bahkan kapal terbang yang naik turun di Bandara Adisucipto bisa menjadi pemandangan yang sangat menarik , jika anda menginginkan spot foto yang menarik dan bagus , anda biaa datang pada waktu sore hari dengan melihat sunset atau saat malam hari dengan suasana penerangan rembulan dan bintang serta latar belakang berupa lampu penerangan yang terlihat kerlap – kerlip dibawahnya.

Untuk masuk ke lokasi saat ini masih gratis, karena belum sebagai tujuan wisata utama, namun di lokasi sudah tersedia warung makan dan minuman yang banyak tersebar di sekeliling lokasi, jadi anda lebih gampang ketika lapar telah tiba, tinggal beli di warung di lokasi tersebut.

Untuk menuju ke lokasi ini sangat mudah , hanya saja harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada kendaraan umum yang melintas ke lokasi. Melalui jalan wonosari setelah melewati bukit bintang dan sampai ke perempatan pathuk ambil arah ke selatan atau belok kanan ke arah dlingo. Dari lokasi ini kurang lebih hanya 1,5 km untuk sampai di Wati Amben.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *